Museum Napak Tilas di Bandung

Museum Napak Tilas di Bandung – Bandung menjadi salah satu tempat napak tilas bersejarah di Indonesia. Kota Bandung juga memiliki banyak sejarah seperti yang kita ketahui salah satunya adalah bandung lautan api.

Museum Napak Tilas di Bandung

1. Museum Kota Bandung

Museum Kota Bandung merupakan destinasi wisata yang menawarkan sarana edukasi dan informasi mengenai sejarah yang dimiliki oleh Kota Bandung. Ketika wisatawan masuk ke museum ini, hal yang pertama akan dijumpai adalah patung para tokoh inspiratif kaum wanita, yaitu Dewi Sartika dan Emma Poeradirejda.

Museum Kota Bandung terdiri atas dua ruangan. Pada ruangan yang pertama terdapat gambar Walikota Bandung yang pernah memimpin dari masa ke masa, serta sejarah singkat tentang berdirinya Kota Bandung.
Pada ruangan kedua, wisatawan bisa mengetahui perkembangan Kota Bandung sejak tahun 1841 hingga berdirinya Gedung Sate pada 1895.

Selain dua ruangan yang telah disebutkan, terdapat pula area belakang museum yang kerap digunakan sebagai ruang pameran. Jika ingin berkunjung untuk menelusuri perjalanan Kota Bandung, museum ini ada di Jalan Aceh Bababakan Ciami dan buka setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 10.00 sampai 16.00 wib.

2. Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate ini agak berbeda dengan konsep museum lainnya. Sebab museum ini hadir dengan tema smart museum yang menyajikan informasi sejarah, mengenai pembangunan Gedung Sate dengan memadukan teknologi digital.
Tema smart museum ini dapat langsung dirasakan wisatawan saat masuk. Pengunjung disuguhkan dengan sebuah instalasi modern tentang perkembangan Kota Bandung dari waktu ke waktu.

Fasilitas lain yang menjadi daya tarik utama adalah 4D proyeksi, rekaman audio visual sebuah cerita, teater, dan banyak lagi.
Dengan banyaknya fasilitas berteknologi canggih, pengunjung bahakan dapat turut serta merasakan sensasi membangun Gedung Sate dan menaiki balon udara untuk mengelilingi gedung.
Museum keren ini bisa kamu masuki hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang. Kamu bisa datang pada hari Selasa-Minggu mulai pukul 9.30 – 16.00 wib.

Baca Juga :Fakta Menarik Tentang Gedung Sate di Bandung

3. Museum Geologi

Pembangunan Museum Geologi Bandung ini ternyata masih memiliki kaitan dengan masa penjajahan Belanda ketika masih menjajah Indonesia. Saat itu, para ahli geologi asal Eropa tengah gencar gencarnya melakukan penilitian geologi dan sumber daya mineral.
Terdapat banyak informasi mengenai hipotesis tentang bagaimana terciptanya bumi di alam tata surya, keadaan geologi pulau-pulau Indonesia, serta evolusi makhluk hidup dari zaman primitif, hingga modern yang dilengkapi dengan keberadaan hasil fosil di museum ini.