Ayo Belajar Sejarah Di Taman Sejarah Bandung

Ayo Belajar Sejarah Di Taman Sejarah Bandung

Sejarahbandung.com – Belajar sejarah memang penting, namun, terkadang membaca buku tebal membuat kita pusing. Untuk itu, kita perlu mempelajari sejarah dengan cara yang lebih unik dan menarik, salah satu caranya bisa dengan datang ke Taman Sejarah Bandung. Taman Sejarah berlokasi di persimpangan Jalan Aceh dan Jalan Merdeka. Mudahnya, di belakang Balai Kota Bandung. Taman ini disebut Taman Sejarah karena memiliki informasi tentang pemimpin Bandung dari masa ke masa. Informasi berupa gambar dan biografi Wali Kota tersebut dipajang dalam stand kaca. Selain itu, taman ini juga dihiasi dengan mural warna-warni yang terkesan imut dan “nyeni banget”. Gambar yang terdapat dalam mural tersebut menceritakan tentang Kota Bandung dari masa ke masa. Mulai dari prasejarah, hingga Bandung saat ini. Kisah Tangkuban Perahu juga diceritakan di mural tersebut. Pada tembok yang lain, ada relief khusus yang menceritakan tentang kota Bandung pada masa kepemimpinan Wiranatakusumah, sang pendiri kota Bandung. Tidak hanya itu, Taman Sejarah juga memiliki fasilitas kolam renang mini. Kolam ini hanya dibuka saat weekend, hari Sabtu dan Minggu, pas dengan hari libur anak-anak. Museum Sejarah Bandung dan Bandung Planning Gallery yang berada dalam kompleks taman juga menjadi pelengkap wisata sejarah ini. Museum Sejarah Bandung juga memberikan gambaran perjalanan Bandung dari masa ke masa, sementara Bandung Planning Gallery berisi informasi komplit berkaitan dengam perencanaan kota Bandung yang disajikan secara digital.

Ruang 6 menyajikan informasi tentang aspek positif geologi terutama berkaitan dengan gejala gunung berapi. Ruang 7 menjelaskan tentang sumberdaya air dan pemanfaatannya, juga pengaruh lingkungan terhadap kelangsungan sumber daya. Mencoba berbagai wahana permainan seru di Trans Studio Bandung, bukan saja impian anak-anak. Orang dewasa dan anak muda ikut larut bahkan jumlahnya sangat banyak. Salah satu tempat wisata favorite di Bandung ini dalam waktu singkat meraih penggemar yang cukup tinggi bukan hanya masyarakat Jawa Barat tetapi juga dari berbagai wilayah di Indonesia. Theme park indoor (studio) dengan wahana permainan terbaik ini baru dibuka pada tanggal 18 juni 2011, dan menempati area pusat perbelanjaan Bandung Supermal (sekarang bernama Trans Mal).Trans Studio Bandung yang dibuka untuk umum pada bulan Juni 2011 ini mempunyai 20 macam wahana permainan yang sangat menyenangkan dan memacu adrenalin. 20 wahana permainan tersebut dibagi menjadi 3 kawasan yang mempunyai tema berbeda, yaitu: Studio Central (suasana broadway), The Lost City (suasana alam), dan Magic Corner (suasana mistis).

3 kawasan ini mempunyai wahana permainan yang berbeda-beda dan dinamai sesuai dengan program TV yang ada di Trans TV dan Trans7. Perlu diingat bahwa anak berusia kurang dari 7 tahun, atau belum mencapai tinggi badan minimum tidak dapat bermain di beberapa wahana karena alasan keselamatan. 1. ‘Yamaha Racing Coaster. Wahana ini cocok untuk mereka yang ingin menguji derasnya adrenalin karena mampu melesat dengan kecepatan 120 kilo meter perjam dalam 3,5 detik. Konon wahana yang dimiliki oleh Trans Studio Bandung itu hanya tersedia tiga unit di dunia, dua unit lainnya terpasang di Amerika Serikat. Dengan mengarungi ganasnya rimba Afrika demi menuntaskan misi penyelamatan, Anda akan memahami makna dari kata ‘Jelajah’ yang sebenarnya. Rasakan sensasi jatuh dari air terjun setinggi 13 meter. Ayunan pendulum raksasa yang pertama di Indonesia ini akan mengajak Anda berputar-putar di ketinggian 18 meter. Bioskop simulator berteknologi 4 dimensi pertama di dunia yang menampilkan superhero karya MARVEL seperti Spiderman, Hulk, Iron Man, Wolverine, dan musuh-musuh mereka. Kincir angin raksasa yang membawa Anda berputar 360 derajat secara vertikal. Sajian yang mengungkap rahasia dibalik film-film action seperti ledakan, tembakan, dan semburan air. Mengunjungi negeri raksasa di atas awan yang siap menjatuhkan Anda dari ketinggian 20 meter.

Petualangan yang penuh misteri dan menyeramkan yang akan membawa Anda ke tempat tempat berhantu di Bandung. Menantang tantangan dengan memanjat dinding untuk mencuri permata yang dijaga King Kong. Menyajikan petualangan menunggang naga a la ksatria. Wahana ini diklaim sebagai area softplay tematik terbesari se-Asia Tenggara dengan empat area yang akan membuat anak-anak betah bermain. Menyediakan track balapan sepanjang hampir 1 kilo meter dengan kecepatan maksimum 40 km/jam. Menampilkan pengalaman menonton layar lebar yang lebih nyata kepada pengunjung. Merupakan sajian petualangan berkeliling Nusantara bersama si Bolang, tokoh bocah petualang. Kota Bandung merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang memiliki kecenderungan perkembangan ke arah kota metropolitan seperti halnya Jakarta. Kota Bandung dibandingkan dengan kota-kota lainnya adalah banyak memiliki potensi yangsekaligus menjadi identitas kota. Salah satunya adalah kawasan Cibaduyut yang dikenal sebagai kawasan sentra industri kerajinan sepatu. Lebih jauh perkembangan kawasan Cibaduyut mengakibatkan tumbuhnya Jalan Cibaduyut sebagai kawasan perdagangan seiring dengan kebutuhan masyarakat akan produk yang dihasilkan.

Timbulnya Jalan Cibaduyut sebagai kawasan komersial menyebabkan berubahnya kawasan menjadi ruang terbuka aktif dengan terjadinya berbagai aktivitas di dalam kawasan. Menurut sejarah, mulai berkembangnya industri dan perdagangan alas kaki Cibaduyut telah cukup lama. Mereka memulai membuka usaha membuat dan menjual produk alas kaki secara kecil-kecilan di lingkungan rumah tangganya dengan melibatkan tenaga kerja anggota keluarganya. Dengan semakin berkembangnya pesanan, maka mulai merekrut pekerja yang berasal dari warga sekitarnya, sehingga keterampilan dalam membuat alas kaki ini menyebar dan ditularkan dalam lingkungan keluarga dan warga masyarakat sekitarnya. Menurut informasi dari para tokoh pengusaha alas kaki Cibaduyut bahwa sebelum penjajahan Jepang tahun 1940 telah berkembang sejumlah pengrajin sepatu di Cibaduyut sebanyak 89 orang. Hal ini tidak terlepas dengan semakin meningkatnya pesanan, karena dinilai produk sepatu Cibaduyut memiliki kualitas yang sangat baik memenuhi selera konsumen pada masa itu. Bahkan,setelah negara Indonesia merdeka pada tahun 1950-an jumlah unit usaha alas kaki berkembang menjadi 250 unit usaha.