Membaca Sejarah Kota Bandung Dari Atas Bus

Membaca Sejarah Kota Bandung Dari Atas Bus

Sejarahbandung.com – Bandung menjadi salah satu kota yang selalu diminati para wisatawan untuk pilihan keluarga berlibur. Bandung yang dikenal dengan sebutan Kota kembang ini bisa menjadikan referensi liburan untuk keluarga karena memiliki banyak destinasi wisata. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam, dan berburu fashion. Di Kota Bandung juga terdapat destinasi wisata dari mulai yang gratis, seperti di Balaikota Bandung yang dikelilingi beberapa taman yang menarik dan segar. Di antaranya Taman Sejarah, Taman Dewi Sartika, Taman Badak, Kebun Binatang mini pun ada. Dilengkapi dengan bus wisata yang lucu, Bandung Tour on Bus (Bandros) dengan aneka warna. Jika Anda berlibur ke Kota Bandung ini, tidak ada salahnya untuk mencoba menaiki bus bandros. Ada pilihan tempat untuk menaiki bus bandros ini, yaitu di Alun-Alun Bandung, Taman Balai Kota Bandung, dan di depan Musieum Geologi Bandung. Rute bus bandros kali ini berbeda dengan yang sebelumnya, sekarang rute bandros tidak lagi melewati Alun-Alun Ujung Berung, Cibaduyut dan jalan lainnya yang termasuk jalanan macet.

Selain juga untuk harga tiket sekarang, ada dua variasi yaitu ada yang harganya Rp10.000 dan ada juga yang harganya Rp20.000. Perbedaan harga bus bandros itu bisa di lihat dari plat nomer bus tersebut. Jika plat nomer bus bandros warna hitam itu berarti harganya Rp10.000 dan kuning Rp20.000. Perbedaannya lainnya, penumpang bus bandros dengan harga tiket Rp20.000 diberikan kesempatan untuk singgah selama 15 menit. Waktu tempuh perjalanan setiap rute dipatok selama satu jam atau sesuai kondisi jalan. Selama perjalanan naik bandros, Anda akan dipandu oleh seorang pemandu yang akan menceritakan tentang sejarah dan cerita dari tempat-tempat yang Anda lewati. Seorang pengunjung mengatakan Kota Bandung memiliki sejarah yang unik. “Saya dari Jakarta, kebetulan anak libur jadi coba naik ini. Senang tadi bisa keliling Kota Bandung, bisa tau sejarahnya. Sambil nyenengin anak juga,” ujar Dian penumpang bus bandros. Bus bandros ini setiap hari beroperasi dari jam 08.00 sampai jam 14.00 WIB. Untuk menaiki bus bandros ini Anda hanya perlu mendaftar pada petugas.

Tempat Wisata di Bandung – Kota Bandung merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Barat sekaligus kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat. Kota yang menjadi destinasi pariwisata dan pendidikan ini merupakan kota dengan penduduk terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Bandung memiliki sejarah panjang. Dulunya kota ini disebut dengan Paris van Java atau kota Paris yang ada di Jawa karena keindahan alamnya. Kota Bandung kerap juga disebut kota kembang karena banyak bunga-bunga dan pepohonan yang menambah keindahan panorama alam Kota Bandung. Selain itu, kota Bandung terkenal juga karena banyaknya mall dan FO atau factory outlet yang menjadi tempat belanja favorit di Bandung. Di era sekarang, Kota Bandung semakin terkenal karena tingkah kocak dari walikotanya yaitu Ridwan Kamil di beragam akun sosial medianya. Kota dengan tata infrastruktur terbaik ini pada tahun 2007 dinobatkan sebagai pilot project kota terekreatif di Asia oleh British Council. Oleh karena itu, tidak heran jika destinasi tempat wisata di Bandung dan sekitarnya semakin menjamur dari mulai tempat wisata alam di Bandung, tempat wisata anak di Bandung, tempat wisata kuliner di Bandung sampai tempat wisata romantis di Bandung. Dan, berikut adalah beberapa tempat wisata di Bandung yang wajib Anda kunjungi jika berkunjung ke kota kembang ini.

Baca Juga  : Balai Kota Bandung Yang Juga Menyajikan Wisata Gratis

Kawasan Lembang, Bandung merupakan salah satu kawasan tempat wisata Bandung yang menyuguhkan keindahan alam serta kesejukan udara. Kawasan Lembang terkenal ketika dijadikan tempat untuk syuting film Petualang Sherina pada tahun 2000. Dan, The Lodge Maribaya merupakan tempat wisata di Bandung Lembang yang terkenal karena keindahan alam terbukanya yang sangat sejuk dan eksotis. Oleh karena itu, The Lodge Maribaya Bandung menjadi salah satu spot fotografi terfavorit di Kota Bandung. Di wisata Bandung yang satu ini ada beragam wahana unik dan seru yang tidak akan Anda jumpai di tempat lain seperti sky tree, mountain swing dan zip bike. Wahana sky tree merupakah wahana yang wajib dikunjungi di The Lodge Maribaya Lembang, karena sangat instagrammable. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan rumah pohon yang ada di Kalibiru, Lembang. Bila ingin ke atas rumah pohon tersebut, Anda akan dipakaikan alat pengaman untuk menaiki anak tangga menuju rumah pohon yang menjadi tempat paling fotogenik untuk berfoto. Sedangkan, mountain swing merupakan wahana ayunan yang membuat Anda seolah-olah sedang berayun pada ketinggian.

Sedangkan, di wahana zip bike Anda akan menaiki sepeda yang di pasang dengan kabel di atas ketinggian untuk melewati lembah dengan pemandangan yang sangat indah. Tidak hanya tiga wahana itu saja yang bisa Anda nikmati di The Lodge Maribaya Lembang, tempat ini juga menyediakan lahan yang bisa dijadikan tempat untuk camping dan outbond. Kota Bandung memiliki banyak tempat yang menjadi spot fotografi fotogenik dan terbaik, salah satunya Upside Down World Bandung. Tempat ini mengusung konsep berupa sebuah rumah dengan keadaan terbalik. Rumah ini terdiri dari beberapa bagian seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang tidur sampai kamar mandi. Furnitur yang ada di dalam rumah terbalik ini pun mengusung kearifan lokal Bandung seperti musik dan juga mural. Dengan keadaannya yang serba terbalik Upside Down World Bandung menjadi tempat wisata yang menarik di Bandung yang wajib Anda kunjung ketika bertandang di kota Bandung. Namun, Upside Down World Bandung merupakan tempat wisata di Bandung Jawa Barat yang bisa Anda akses dengan merogoh kocek cukup dalam yaitu seratus ribu Rupiah untuk orang dewasa. Sanghwang Heuleut merupakan tempat wisata alam di Bandung yang belum terjamah oleh banyak orang.